Program Studi Magister Ilmu Kehutanan


PROGRAM STUDI MAGISTER ILMU KEHUTANAN UNMUL (PS.MIKUM)

1. Latar Belakang
Program Studi Magister (S2) Ilmu Kehutanan UNMUL (PS.MIKUM) telah dibuka sejak tahun 1993 dengan SK Dirjen Pendidikan Tinggi no. 103/DIKTI/Kep/1993 tanggal 27 Februari 1993. Dimensi kehutanan di abad milenium dan era industrialisasi telah menerobos dinding batas ilmu kehutanan yang saling kait mengait dan berpengaruh antara yang satu dengan lainnya, sehingga hutan dan kehutanan tidak hanya bisa ditangani dengan ilmu kehutanan saja, tetapi juga dengan ilmu-ilmu lainnya yang erat kaitannya dengan hutan dan kehutanan. Pada era globalisasi ini sangat dibutuhkan tenaga kerja yang handal, baik secara akademis maupun profesional untuk mampu bersaing dalam bursa kerja dan apalagi dihadapkan kepada kondisi hutan dan kehutanan serta lingkungannya yang saat ini sedang terjadi, maka PS.MIKUM selalu berbenah diri dan siap untuk menerima masyarakat yang berminat mengikuti pendidikan di PS.MIKUM.
2. Tujuan Pendidikan
Tujuan pendidikan Jenjang S2 Ilmu Kehutanan (PS.MIKUM)adalah sebagai berikut:
a) Menghasilkan lulusan yang berkualitas tinggi serta memiliki kemampuan profesional dan kompetitif dengan kualitas sebagai berikut:
1. Memiliki semangat ilmiah yang tinggi, berkepribadian mandiri dan mampu membelajarkan diri sepanjang hayat.
2. Mempunyai ilmu pengetahuan dan kemampuan yang tinggi yang dapat digunakan untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi (Doktor/S3).
3. Mampu melaksanakan inovasi serta memiliki semangat ilmiah dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kehutanan.
b) Menghasilkan lulusan yang mampu menciptakan, mengembangkan dan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui pendidikan dan penelitian di bidang kehutanan, yaitu:
1. Meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi yang berbasis lingkungan dan budaya setempat.
2. Menghimpun, menafsirkan, mengembangkan, menerapkan ilmu pengetahuan yang sesuai dengan kondisi yang ada.
c) Menghasilkan lulusan yang mampu menyelesaikan permasalahan di bidang kehutanan masa sekarang dan masa yang akan datang, sehingga bisa mengaplikasikan pengetahuan dalam bidang kehutanan di masyarakat, yaitu:
1. Mampu merumuskan permasalahan kehutanan serta sanggup untuk meneliti, menganalisis dan memecahkan masalah-masalah yang dirumuskan.
2. Meningkatkan kemampuan menyelesaikan permasalahan riel dengan menjalin kerja sama dengan instansi/lembaga lainnya guna memecahkan permasalahan kehutanan, sehingga dapat menunjang fungsi pelayanan sosial Program Studi Magister Ilmu Kehutanan(PS.MIKUM).
3. Penyelenggaraan Pendidikan
Program Pendidikan Magister Ilmu Kehutanan (PS.MIKUM) merupakan program terstruktur yang terdiri atas pendidikan kemampuan dasar, kemampuan khusus dan penelitian yang meliputi perkuliahan, studi mandiri, komunikasi ilmiah serta penulisan tesis.
4. Persyaratan Calon Peserta
a. Calon peserta adalah para pemilik ijazah Sarjana bidang kehutanan dan non kehutanan (Ekonomi, Sosial Politik, Hukum, Kehutanan, Pertanian, Biologi, Kedokteran Hewan, Peternakan, Perikanan & Ilmu Kelautan atau Teknik).
b. Bila ijazah kesarjanaannya adalah bidang non kehutanan, maka yang bersangkutan diwajibkan mengikuti program anvulan.
c. Menyerahkan copy ijazah Sarjana dan transkrip akademik yang telah dilegalisir.
d. Mempunyai IPK Jenjang Sarjana (S1) serendah-rendahnya 2,75. Calon yang mempunyai IPK lebih rendah dari ketentuan tersebut dapat mendaftarkan diri dengan menunjukkan bukti-bukti kualifikasi yang baik dalam pekerjaannya atau mempunyai karya tulis ilmiah yang berbobot dalam bidangnya.
e. Bagi calon peserta yang mengajukan Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri (BPP-DN) diwajibkan membuat surat pernyataan “kesanggupan membayar Uang Kuliah (UK)” bila ternyata dari Peningkatan Kualitas hasil seleksi Dirjen Dikti dinyatakan tidak mendapat (BPP-DN).
f. Mendapat ijin/rekomendasi dari instansi atau atasan langsung tempat bekerja.
g. Menyerahkan bukti pembayaran biaya pendaftaran.
h. Mengisi dan menyerahkan formulir pendaftaran.
i. Menyerahkan Penilaian Kelayakan Akademik yang telah diisi dan ditandatangani oleh pemberi rekomendasi, yaitu atasan tempat bekerja atau Pembimbing / Penguji sewaktu kuliah di tingkat Sarjana (S1).
j. Menyerahkan pas foto hitam putih atau berwarna ukuran 3 cm x 4 cm sebanyak 3 lembar.
5. Kurikulum
a. Program anvulan
Pemilik ijazah sarjana non kehutanan diwajibkan mengikuti program anvulan yang berlangsung selama 2 bulan sebelum kuliah semester I dimulai. Peserta wajib mengambil 12 sks (4 mata kuliah) sebagai berikut: Sifat-sifat Dasar Kayu, Perencanaan Pengelolaan Hutan, Prinsip Silvikultur, Konservasi Tanah dan Air.
b. Mata kuliah wajib (masing-masing 3 SKS)
Semester I : Filsafat Ilmu & Metodologi Penelitian, Budidaya Hutan Lanjutan
Semester II : Teknologi Hasil Hutan
Semester III : Manajemen Hutan Lanjutan, Konservasi Lingkungan Hutan Tropis
c. Mata kuliah pilihan (masing-masing 3 SKS)
Semester I : Konservasi Vegetasi, Pemuliaan Pohon Hutan Lanjutan, Ekofisiologi Pohon Hutan Lanjutan, Kesuburan Tanah Hutan Lanjutan, Penginderaan Jarak Jauh, Sistem Informasi Geografi, Sosiologi Perhutanan, Ekonomi Lingkungan Hutan, Perekatan Kayu, Pengeringan & Pengawetan Kayu, Pengendalian Mutu Hasil Hutan, Teknologi Kultur Jaringan, Ekologi Hutan Lanjutan.
Semester II : Ergonomik Lanjutan, Biometrika Hutan Lanjutan, Evaluasi Kesesuaian Lahan Lanjutan, Ekonomi SDH Lanjutan, Kebijakan Kehutanan, Konservasi Tanah dan Air, Perumusan Teknik & Sistem Silvikultur, Kimia Polimer, Deteriorasi Kayu, Industri Panel Kayu, Peningkatan Kualitas Tegakan Hutan.
Semester III : Agroforestry Lanjutan, Perlindungan Hutan Lanjutan, Pengelolaan Satwa Liar, Pengelolaan Lansekap Hutan, Perhutanan Sosial, Rekayasa Pemanenan Hasil Hutan Lanjutan, Teknologi Papan Komposit, Teknologi Pulp dan Kertas, Peningkatan Kualitas Kayu, Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal), Analisis Finansial dan Ekonomi SDH, Analisis Manajemen Keuangan, Ekoforestri, Valuasi Ekonomi Htn dan Lingkungan, Pembangunan dan Pengelolaan Hutan Tanaman Lestari, Silvikultur Hutan Kota, Inventarisasi Karbon Hutan, Pengurangan Emisi dari Deforestasi dan Degradasi.
Semester IV : Seminar Proposal Tesis 1 sks, Seminar Tesis 1 sks, Ujian Tesis 10 sks.
6. Tenaga Pengajar
Tenaga Pengajar PS.MIKUM berasal dari lingkungan Universitas Mulawarman dan dosen tamu dari luar (bila diperlukan).
1 Prof. Dr. Ir. H. Abubakar M. Lahjie, M.Agr.
2 Prof. Dr. Ir. B.D.A.S. Simarangkir, M.A.Sc.
3 Prof. Dr. Ir. H. Afif Ruchaemi, M.Agr.
4 Prof. Dr. Ir. Marlon Ivanhoe Aipassa, M.Agr.
5 Prof. Dr. Ir. H. Bandi Supraptono, M.Agr.
6 Prof. Dr. Ir. H. Ach. Ariffien Bratawinata, M.Agr.
7 Prof. Dr. Ir. H. Wawan Kustiawan, M.Agr.Sc.
8 Prof. Dr. Ir. H. Daddy Ruhiyat, M.Sc.
9 Prof. Dr. Ir. H. Muchlis Rachmat, M.Agr.
10 Prof. Dr. Ir. H. Mustofa Agung Sardjono.
11 Prof. Dr. Ir. H. Agus Sulistyo Budi.
12 Prof. Dr. Ir. Edy Budiarso.
13 Prof. Dr. Ir. Sigit Hardwinarto, M.Agr.
14 Prof. Dr. Ir. Deddy Hadriyanto, M.Agr.
15 Prof. Dr. Enos Tangkearung, M.P.
16 Prof .Dr. Ir. Hj. Marjenah, M.P.
17 Dr. Ir. Djumali Mardji, M.Agr.
18 Dr. Ir. H. M. Sumaryono, M.Sc.
19 Dr. Sutedjo.
20 Dr. Ir. Fadjar Pambudhi, M.Sc.
21 Dr. Ir. Paulus Matius, M.Sc.
22 Dr. Ir. H. Triyono Sudarmadji, M.Agr.
23 Dr. Ir. H. Chandradewana Boer.
24 Dr. Ir. Yosep Ruslim, M.Sc.
25 Ir. Sukartiningsih, M.Sc., Ph.D.
26 Dr. Ir. Isna Yuniar Wardhani, M.P.
27 Dr. Ir. Enih Rosamah, M.Sc.
28 Dr. Irawan Wijaya Kusuma, M.P.
29 Dr. Ir. Rudianto Amirta, M.P.
30 Dr. Ir. Erwin, M.P.
31 Dr. Hj. Wiwin Suwinarti, S.Hut., M.P.
32 Dr. Yaya Rayadin, S.Hut., M.P.
33 Dr. Ir. H. Rudjehan, M.P.
34 Dr. Ir. Sahrir, M.P.
35 Dr. Ir. Bernaulus Saragih, M.Sc.
7. Beban dan Lama Studi
a. Pertemuan kelas reguler pagi dan regular Sore setiap hari kerja (atau kesepakatan antara dosen dengan mahasiswa) Beban studi berjumlah 42 - 45 sks dengan lama studi
4 - 10 semester.
b. Kelas reguler pagi dilaksanakan setiap hari kerjaterutama untuk mahasiswa penerima (BPP-DN) sedangkan kelas reguler sore dikhususkan kepada mahasiswa yang bukan penerima (BPP-DN) dan yang bekerja.
c. Semester genap dari bulan Januari sampai Juni dan semester gasal berlangsung dari bulan Juli sampai Desember.
8. Waktu dan Tempat Pendaftaran
a. Pendaftaran dimulai dari awal Januari sampai akhir April setiap tahun untuk pelamar (BPP-DN) dan dari awal Januari sampai akhir Juni setiap tahun untuk pelamar dengan biaya sendiri.
b. Calon peserta mengajukan permohonan secara tertulis kepada Rektor Universitas Mulawarman U.P. Ketua Program Studi Magister Ilmu Kehutanan, Jl. Dewantoro Gedung A6, Kampus Unmul Gunung Kelua, Samarinda 75123. Telepon: (0541) 731108. Faksimili: (0541) 731167, E-mail:s2_kehutanan_unmul@yahoo.com.
c. Mengisi formulir yang disediakan oleh Program Studi Magister Ilmu Kehutanan UNMUL (PS. MIKUM) dengan menyertakan lampiran yang diperlukan.
d. Membayar uang pendaftaran sebesar Rp. 500.000,- langsung ke Bendahara Penerimaan Universitas Mulawarman dengan nomor Rekening : 0011509606 Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kaltim.
9. Biaya Pendidikan (Uang Kuliah)
a. Biaya pendidikan (UK) untuk kelas regular pagi dan regular sore hari adalah Rp. 8.500.000,- per semester.
b. Bagi dosen Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang memenuhi syarat dapat diusulkan sebagai calon penerima (BPP-DN). Dosen PTS yang diusulkan sebagai calon penerima (BPP-DN) adalah dosen tetap PTS/Yayasan, sedangkan dosen tidak tetap tidak dapat diusulkan. Tata cara pengusulan beasiswa tersebut dapat ditanyakan langsung ke Pengelola PS.MIKUM atau PTN/Kopertis masing-masing.
c. Bagi dosen PTN dan PTS yang Sarjananya berasal dari bidang non eksakta (Ekonomi, Sosial Politik dan Hukum) dapat diusulkan sebagai calon penerima (BPP-DN) bila dapat membuktikan bahwa yang bersangkutan mengajar mata kuliah yang ada hubungannya dengan bidang kehutanan di fakultas sendiri dan atau di fakultas lain pada perguruan tinggi yang sama (perguruan tinggi pengirim).
d. Bagi yang berijazah Sarjana dari bidang non Kehutanan dikenakan biaya tambahan untuk program anvulan sebesar Rp. 250.000,- per satu SKS.
10. Lain - lain
Bila seorang peserta membuat pernyataan yang tidak benar atau menyembunyikan sesuatu fakta pada waktu mengajukan permohonan atau pendaftaran, maka penerimaannya dapat dibatalkan. Bila kepalsuan diketahui setelah peserta mengikuti kegiatan akademik, maka PS.MIKUM berhak mengeluarkan peserta dari pendidikan dan yang bersangkutan tidak dapat mendaftar kembali. PS.MIKUM juga tidak menanggung segala biaya yang dikeluarkan sehubungan dengan studinya.
----------*****---------