logo

Berita

Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman

# Akademik
24 Nov 2021 | M.Taufiq | 444 views
M.Repaldi Mahasiswa Fahutan Unmul sebagai salah satu penari di acara internasional yaitu DUBAI EXPO2020
Assalamualaikum
Halo saya M.Repaldi salah satu mahasiswa dari Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman,berikut ini  cerita perjalanan saya sebagai salah satu penari di acara internasional yaitu DUBAI EXPO2020 yang di selenggarakan di DUBAI UAE . menurut saya ini pengalaman yg sangat luar biasa, awal mula kenapa saya bisa ikut serta yaitu dengan kenal dan taunya saya dengan sang maha guru Eko Supriyanto atau lebih di kenalnya dengan ekopece salah satu penari nya Madona diva internasional.
Dan ekopece ini adalah dosen jurusan tari di isi Surakarta, dan juga saya pernah berproses dengan beliau pada tahun ini yaitu hari tari dunia yang di laksanakan di solo/Surakarta di bulan April 2021 .
Dan beberapa bulan ini saya akrab dengan beliau , setelah dari itu saya di hubungin manager oleh mas ekopece untuk bisa gabung dan ikut dalam event besar ini dengan bawah naungan yg bernamakan ekosdancecompany  yang berada di solo, singkat cerita saya terpilih salah satu penari mewakili Kalimantan timur untuk bisa menari di Dubai , sebenarnya banyak penari yang akan menari di event Dubai Expo ini dan sebanyak 58 penari karena garapan tari ini , penari yg berada luar daerah yg terpilih ada dari Kalimantan tengah , Maluku Utara , Bandung, Bali ,Aceh , Papua, Jogja, Jakarta dan tentunya jurusan tari isu Surakarta.
Didalam garapan ini kami latihan di solo selama 14 hari dengan banyak tarian saya mendapatkan casting yang lumayan banyak dan saya menarikan tarian Kecak, kontemporer ,dan Indonesia modern. Dari latihan 14 hari disolo dan selama berproses ini sangat luar biasa,karena bedanya dengan jurusan saya yg lebih mengurus tentang lingkungan hidup yaitu kehutanan , dengan basic hobi saya yang menari tradisional sangat jauh , tetapi ini tantangan yang beda, dalam proses dubai expo ini saya banyak belajar artinya kebersamaan yang sangat luar biasa.
Singkat cerita tiba keberangkatan saya dari Samarinda ke Jakarta dan bertemu di Bandara dan semua penari Indonesia bertemu di bandara Soekarno-Hatta di terminal 3 gate 1 keberangkatan internasional, kebetulan ekosdancecompany yg akan tampil di Dubai yg akan memperkenalkan budaya Indonesia di mata dunia , berkolaborasi dengan Jember fashion carnaval dan salah satu penyanyi pemenang Indonesian idol yaitu lyodra Ginting yang akan menyanyikan lagu Indonesia pusaka .
Setelah sampai di Dubai kami berada di apartemen yg sangat  luar biasa karena Dubai kota yg Masya Allah bagusnya, dan saya repaldi berada di Dubai selama 9 hari sampai hari kepulangan ke Indonesia.
Untuk proses di Dubai kita di tuntut untuk menari dan memperkenalkan budaya Indonesia di mata dunia ,
Garapan ini selain ekosdancecompany juga ada campur tangan dari Wishnutama selaku produser dari acara ini dan ada pak Mentri Luthfi yaitu menteri perdagangan dan acara dubai expo2020 ini yang langsung di hadiri bapak presiden Joko Widodo.
Ini sangat luar biasa selama 9  hari didubai , dan tempat kami tampil tarian ini sangat luar biasa megah berada di Al wasl plaza Dubai Expo 2020
Dan di setiap negara ada masing-masing papilion atau di sebut Museum nya Indonesia yang berada di Dubai
Dan di Tgl 4 November waktu DUBAI hari dimana kami sebagai penari dan tim Indonesia yang berangkat dari Jakarta ke Dubai dengan rombongan 80 org untuk memperkenalkan Indonesia di mata dunia dengan 1 hari bersama Indonesia atau disebut nasional day dengan penampilan yang di sebut "THE LAND OF DIVERSITY " yang menampilkan di opening tarian Kecak dari Bali tarian ke 2 jaipong dari jawa barat ke 3 soya2 dari Maluku Utara, ke4  kontemporer  ke 5 Papua dan lyodra Ginting menyanyikan lagu Indonesia pusaka dan terakhir tarian Indonesia modern.
Apabila ingin lengkap tayangan ulang bisa di cek YouTube ekosdancecompany dan sekretariat presiden, dan penampilan tim Indonesia di Dubai sgt sukses

Setelah tampil kami pun karantina di Jakarta Selama 3 hari dan setelah itu kami di pulang kn ke daerah masing-masing

Selama proses ini semua di tanggung oleh ekosdancecompany dan pemerintah Indonesia, dan saya tidak mengeluarkan uang sepeserpun untuk hal ini dan semua penari dan tim Indonesia sgt di perhatikan dalam hal apapun

Mungkin begini saja cerita singkat saya pengalaman menari di Dubai membawa nama Indonesia di mata dunia .
Terimakasih 

Berita Lainnya