logo
Fakultas Kehutanan
Universitas Mulawarman

Berita

Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman

# Akademik
20 Jun 2022 | Admin | 298 views
Opening Ceremony 1st Mulawarman Summer Course and Forest Camp
Hari ini tanggal 20 Juni 2022 Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman mengadakan gelaran opening ceremony 1st Mulawarman Summer Course and Forest Camp secara hybrid. Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesai Raya dilanjutkan dengan pembacaan doa, kemudian acara dilanjutkan dengan beberapa sambutan diantaranya sambutan dari ketua pelaksana kemudian sambutan dekan fakultas kehutanan universitas mulawarman dan acara dibuka oleh wakil rektor yang di wakili oleh wakil rektor bidang kemahasiswaan dan alumni universitas mulawarman.
Acara di hadiri oleh dekan-dekan fakultas yang ada di universitas mulawarman, kepala dinas kehutanan Samarinda, mitra fakultas kehutanan, ketua IKA fakultas kehutanan serta beberapa narasumber, moderator dan peserta summer course.

Puji syukur kehadirat Allah SWT acara perdana pada tahun ini yaitu 1st Mulawarman Summer Course and Forest Camp terlaksana dan Insya Allah akan di laksanakan setiap tahun.  Tema Tropical Raintforest Extinct? Challenges and Opportunities of Sustainable Forest Management ini selain untuk memberikan ilmu pengetahuan juga diharapkan menjadi ajang promosi bagi fakultas kehutanan khususnya di dunia internasional dan diharapkan bisa meningkatkan rekompetisi bagi dosen-dosen fakultas kehutanan dan mampu meningkatkan kerjasama internasional antara fakultas kehutanan dengan fakultas yang ada di luar negeri.  Kegiatan ini terdiri dari 2 kegiatan yaitu yang pertama adalah online summer course yang dilaksanakan sebanyak 16 kali pertemuan di tambah 1 kali test dan 1 kali presentasi dari peserta.  Online summer course ada 16 pembicara yang terdiri dari 8 pembicara internasional yang berasal dari negara Jepang, Amerika, Jerman, Korea, Malaysia, Thailand, dan India, serta 8 pembicara Nasional yang seluruhnya berasal dari internal fakultas kehutanan universitas mulawarman yang mewakili 8 laboratorium yang ada di fakultas kehutanan universitas mulawarman.  Rangkaian acara yang ke 2 adalah Forest Camp yang dilaksanakan secara offline dari tanggal 15 - 17 Juli 2022 di Bukit Bangkirai.  Peserta kegiatan summer course ini terdiri dari mahasiswa dalam dan luar negeri serta masyarakat umum yang tertarik dengan kegiatan ini, dan kegiatan summer course ini menjadi kegiatan MBKM bagi mahasiswa Indonesia di luar fakultas kehutanan unmul dengan bobot kridit 2 sks dan forest camp 1 sks, kata Ibu Diah Rakhmah Sari, MP. selaku ketua panitia kegiatan Summer Course and Forest Camp ini.

Sambutan Ketua Paninita Diah Rakhmah Sari, MP.

Dekan fakultas kehutanan universitas mulawarman Prof. Dr. Rudianto Amirta dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini adalah kegiatan pertama di era fakultas kehutanan universitas mulawarman terakrediasi Unggul dengan target keunggulan yang telah dicapai dan menuju internasionalisasi yang kita inginkan, dua hal yang telah kita capai yaitu melalui penguatan layanan mutu melalui ISO dan Unggul.  Alhamdulillah saya sangat berbangga hati bahwa fakultas kehutanan pada pagi ini telah melakukan satu tahapan yang juga kita catat sebagai satu langkah besar lagi yaitu membangun satu komitmen akademik yang lebih mengarah kepada kebutuhan internasionalisasi dan globalisasi yang ada.  Besar harapan kami bahwa kegiatan semacam ini menjadi sesuatu yang rutin kita adakan di universitas mulawarman karena memang dengan visi menjadi universitas bertarap internasional maka harus aktif dalam melakukan kegiatan-kegiatan seperti ini, dan mudah-mudahan fakultas kehutanan dalam melakukan kegiatan ini dapat menjadi sumbangsih yang diberikan demi tercapainya universitas bertarap internasional.

Kami sangat berharap bahwa kegiatan ini bisa menjadi bagian dari membangun budaya global dilembaga ini maupun secara keseluruhan di universitas mulawarman, karena secara bersamaan di internasional office rekan-rekan sedang melakukan kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi di Turki untuk membangun kegiatan yang kurang lebih sama seperti kegiatan summer course ini.  Mudah-mudahan tahun depan tindak lanjut kerjasama antara fakultas kehutanan dengan hamburg university, kita akan menghadirkan jumlah besar mahasiswa dari Jerman untuk hadir mendampingi mahasiswa kita dan negara lain dalam kegiatan forest camp yang sedang kita rancang. Prof. Dr. Rudianto Amirta dekan fakultas kehutanan unmul menambahkan.

Sambutan Dekan Fakultas Kehutanan Prof. Dr. Rudianto Amirta

Wakil Rektor bidang kemahasiswaan dan alumni bapak Dr. Ir. Encik Akhmad Syaifudin, MP. dalam membuka acara summer course and forest camp mengatakan saya berbangga, pertama bisa hadir disuasana yang membanggakan bahwa ini adalah kegiatan pertama ketika fakultas kehutanan terakreditasi unggul, bukan hal yang gampang karena bukti-bukti itu sudah sangat jelas di depan mata untuk menyandang akreditasi unggul.  Kegiatan di fakultas itu sesungguhnya tidak banyak melainkan 3 hal yang kita sebut sebagai tri dharma perguruan tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat, tetapi turunannya banyak seperti kegiatan pada hari ini adalah bagian dari pelaksanaan tri darma perguruan tinggi yang ada di fakultas kehutanan.  Bagi saya pribadi maupun secara kelembagaan bahwa fakultas kehutanan ini adalah satu diantara fakultas yang memiliki rood roadmap menuju internasionalisasi dan globalisasi.  Ini merupakan modal dasar bahwa akreditasi itu gambaran manajemen pengelolaan fakultas yang memiliki prosedur yang baik dan jelas, jadi kalau akreditasi unggul itu berarti unggul semuanya.

Sambutan Wakil Rektor bidang kemahasiswaan dan alumni bapak Dr. Ir. Encik Akhmad Syaifudin, MP.




Berita Lainnya