logo
Fakultas Kehutanan
Universitas Mulawarman

Berita

Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman

# Akademik
25 Aug 2021 | Admin | 653 views
Selamat Datang Mahasiswa Baru Fahutan Unmul
Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman telah melaksanakan kegiatan “Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru” PKKMB Tahun 2021 secara daring via Zoom dan YouTube streaming selama dua hari yaitu pada tanggal 14 Agustus 2021 dan dilanjutkan tanggal 16 Agustus 2021. 

Acara di hari pertama dipimpin oleh Sdr Erika Deciawarman, S.Hut., M.P sebagai MC. Para pserta PKKMB memasuki ruang Zoom pada pukul 07.30 WITA. Sebelum acara dimulai Tata Tertib PKKMB disampaikan oleh MC agar kegiatan dapat berlangsung dengan khidmat. Setelah acara dibuka, para peserta diminta untuk menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Lagu Mars Rimbawan. Para peserta mendengarkan lantunan ayat suci Al-qur’an yang merdu yang dibawakan oleh Sdr Syahrul Rozi dan dilanjutkan dengan pembacaan do’a oleh Bapak M. Hasyim M., S.Ag., M.Ed. Sambutan-sambutan disampaikan oleh Ketua Panitia (Ibu Prof. Dr. R.R. Harlinda Kuspradini, S.Hut. M.P) dan Dekan (Prof. Dr. Rudianto Amirta, S.Hut. M.P.). Peserta selanjutnya menyaksikan Profil Fakultas Kehutanan secara virtual melalui video yang ditampilkan. Sebelum memasuki pemaparan materi, dilakukan sesi foto Bersama dengan peserta yang mencapai lebih dari 300 orang. 



Sesi Pemaparan Materi dibagi menjadi 2 sesi dengan dimoderatori oleh Ibu Dr. Emi Purwanti, S.Hut., M.Si. Sesi materi yang pertama disampaikan oleh Wakil Dekan Bid. Akademik (Prof. Dr. R.R. Harlinda Kuspradini, S.Hut. M.P) dengan tema “Pengenalan Layanan dan Kegiatan Akademik Fakultas”, dilanjutkan oleh Wakil Dekan Bid. Umum dan Keuangan (Dr.rer.nat Harmonis, S.Hut. M.P) tentang “Pengenalan SDM, Fasilitas dan Layanan Administrasi Keuangan Fakultas”, kemudian Wakil Dekan Bid. Kemahasiswaan dan Alumni Bid. Kemahasiswaan dan Alumni (Dr. Erwin, S.Hut. M.P.) menyampaikan mengenai “Pengenalan Layanan dan Kegiatan Kemahasiswaan Fakultas”. Sesi diskusi/tanya jawab dilakukan di setiap akhir penyampaian materi oleh masing-masing narasumber. Para peserta antusias mengajukan pertanyaan kepada Bapak dan Ibu Wakil Dekan dan beliau pun menanggapi dengan hangat.





Sesi pemaparan materi yang kedua dilakukan setelah break/ISHOMA, dengan Bapak Koorprodi S1, Bapak Dr. Hut. Yuliansyah, S.Hut., M.P. sebagai pemateri dengan tema “Pengenalan Program Studi S1”. Setelah selesai acara diskusi, peserta kembali diputarkan video Aktivitas Laboratorium Fakultas Kehutanan. Sebelum memasuki acara penutupan, ada sesi yang paling menarik bagi para peserta yaitu Fun Games 1 yang dipandu oleh Sdr Agmi Sinta Putri, S.Si., M.Hut. Pertanyaan-pertanyaan pada fun games tidak jauh dari materi yang telah disampaikan oleh para pemateri agar peserta mahasiswa baru bisa semakin mengenal kampus nya. Acara hari pertama ditutup dengan penyampaian pengumuman-pengumuman terkait pemenang fun games 1 dan rundown acara di hari kedua, dan acara di hari pertama ini diakhiri pada pukul 15.45 WITA.




Pada hari kedua, tanggal 16 Agustus 2021, acara diambil alih oleh mahasiswa senior (Raka) yang dipimpin oleh Sdri. Avela Febriyani sebagai MC. Tema dari materi-materi yang disampaikan berhubungan dengan pengenalan Lembaga dan Kegiatan Kemahasiswaan Fakultas yang ada di kampus Fahutan Unmul. Ada 1 Lembaga dan 5 UKM yang dikenalkan kepada mahasiswa baru melalui penyampaian materi dari para Ketua Lembaga dan UKM. Materi pertama diisi oleh Sdr. Muhammad Khusunul Khairu dalam pengenalamn LEM Sylva Mulawarman, kemudian dilanjutkan dengan UKMF Art & Sport oleh Sdr. Muhammad Ichwan Ramadhani, UKMF Fellowship Forestry oleh Sdri. Nunut EP. Sianturi, UKMF Forestry Magazine oleh Sdr. Muhammad Reiza Fahlifi, UKMF Mapflofa oleh Sdr. Ngareng, Mohammad Zulfikar, dan UKMF Musholla Al-Fath oleh Sdri. Lilis Sunarti. Setelah selesai sesi penyampaian materi dalam pengenalan Lembaga dan UKM yang ada di kampus, panitia menyediakan wadah berdiskusi interaktif untuk para mahasiswa baru dengan Raka-raka dengan tema Diskusi “Mahasiswa dalam Dinamika Kampus dan Kehutanan”. Peserta dibagi menjadi 6 Room zoom melalui breakout room yang mana setiap room berisikan 40-50 orang. Diskusi berlangsung sangat menarik yang terbukti dari setelah sesi breakout room selesai, diskusi masih berlanjut di room utama saat break/ISHOMA. Keakraban mahasiswa baru dan Raka-raka pun terlihat meskipun hanya terjalin dalam pertemuan online.


Setelah ISHOMA selesai, kegiatan dilanjutkan dengan sesi Bincang Alumni yang disampaikan oleh Dr. Ishak Yasir, S.Hut., M.Sc. dengan tema “Kiat Studi Lanjut dan Karir Bekerja Bidang Kehutanan”. Pada sesi ini acara dimoderatori kembali oleh Dr. Emi Purwanti S. Hut., M.Si. 


Acara selanjutnya yaitu Motivasi Studi dan Prestasi Mahasiswa yang disampaikan oleh Dr. Hut. Yuliansyah, S.Hut., M.P. Menjelang di akhir acara panitia pun mengadakan Fun Games 2 dengan jumlah pemenang 10 orang. Tiba di penghujung acara, Koorprodi S1 (Dr. Hut. Yuliansyah, S.Hut., M.P.) dan Ketua Panitia (Prof. Dr. R.R. Harlinda Kuspradini, S.Hut. M.P) tepat menutup acara pada pukul 16.00 WITA. Semoga kegiatan ini dapat menambah pengetahuan kepada para mahasiswa baru mengenai kampus, layanan-layanan nya, kegiatan, dan lain sebagainya mengingat sistem pembelajaran yang masih berjalan secara daring (online).





Berita Lainnya