logo
Fakultas Kehutanan
Universitas Mulawarman

Berita

Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman

# Akademik
18 Aug 2021 | M.Taufiq | 614 views
UPGRADING MAPFLOFA FAKULTAS KEHUTANAN UNMUL 2021

UPGRADING MAPFLOFA FAKULTAS KEHUTANAN UNMUL 2021

Minggu 8, Agustust ,2021 

 Publikasi dan Dokumentasi MAPFLOFA

 

    Pada Jum’at, 6 Agustust 2021 pukul 14.00 – 17:00 WITA sampai Sabtu dengan tanggal 07 Agustus 2021 pukul 09:30 – 12:00 WITA telah berlangsung kegiatan Upgrading  yang bertemakan “Membangun Harmonisasi Dalam Organisasi Yang Progresif”, kegiatan  ini dilaksanakan bertujan untuk terciptanya administrasi yang baik dan sebagai peningkatan kapasitas setiap anggota MAPFLOFA, materi yang dibawakan pada kegiatan Upgrading tahun 2021 ini adalah materi soft skill,  materi administrasi, materi managemen organisasi, dan materi problem solving, pada kegiatan ini peserta hadir dari pengurus MAPFLOFA dan anggota aktif MAPFLOFA. Untuk menyiasati berjalanya kegiatan ini anggota MAPFLOFA  melaksanakan kegiatan Upgrading ini secara daring mengingat kondisi sekarang masih di tengah pandemi COVID-19 maka pada kegiatan Upgrading 2021 ini dilakukan secara online.

            Dalam kegiatan ini acara di buka oleh MC sebagai pemandu jalanya kegiatan Upgrading ini,  lalu dilanjutkan sambutan pertama oleh ketua umum MAPFLOFA, Ngareng M. Zulfikar.,  sambutan kedua  oleh Muhamad Riswandi Gunawan sebagai ketua panitia pada kegiatan Upgrading 2021 dan  tidak ketinggalan  sambutan yang lakukan oleh Bapak Dr. Erwin, S.Hut, MP sebagai wakil Dekan 3 Fakultas Kehutanan Unmul, “Saya sangat Senang atas kegiatan Upgrading MAPFLOFA Fahutan ini saya harap dengan berlangsungnya kegiatan ini dapat menjadi bagian dari peningkatan kapasitas anggota yang berkualitas dalam menjalankan tongkat estafet organisasi  MAPLOFA FAHUTAN UNMUL”.

                    Materi pertama pada kegiatan Upgrading di sampaikan  oleh Raka, Dzulkifli, S.Hut., M.Hut. Pemateri yang kerap di sapa bang Kipli ini adalah Alumni Fakultas Kehutanan Unmul angkatan  2009  yang juga saat ini menjadi anggota luar biasa MAPFLOFA FAHUTAN UNMUL. Raka dzulkifli saat ini sedang berkarier  GIZ Propeat ( Lokarya perencanaan Proyek Pengelolaan dan Rehabilitasi gambut  - lahan basah). Materi yang di sampaikan pada siang hari tersebut adalah soft skill Pola pikir dan perkataan yang baik  harus dimiliki bagi setiap anggota tentunya kita harus memiliki kemampuan memimpin dan mendengar yang namun terlepas dari semua itu harus mampu beradaptasi dengan baik dan tentunya mengatur waktu.

Gambar 1. Pemaparan Materi Soft skil yang oleh Raka Dzukifli S.Hut., M.Hut.      

Pada sore hari dilanjutkan pada pemateri kedua yang disampaikan oleh Bapak Warsudi S.Hut. MP., yang membahas  materi Administrasi, di karenakan pengalaman beliau yang sudah cukup lama mengabdi menjadi staf di Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman, menurut pak Warsudi “administrasi seperti surat menyurat, Inventarisasi dan dokumentasi perlu di kuasai dengan baik karena masih banyak dalam kegiatan administrasi seperti itu yang masih kurang tepat “ . Acara pada sore hari ini tentunya menjadi acara penutup untuk hari pertama di karenakan kegiatan Upgrading ini berlangsung 2 hari dimana Besok Kegiatan Upgrading akan kembali dilanjutkan


Gambar 2. Pemaparan Materi administrasi  yang oleh Bapak Warsudi S.Hut. MP

Kegiatan berlanjut pada  Sabtu Tanggal 07 Agustus 2021  pukul 09:30 – 10:30 WITA Kegiatan dibuka oleh MC sebagai pemadu jalanya acara. Kegiatan pemaparan materi pada pagi hari ini dibuka oleh Ibu Dr. Emi Purwanti S.Hut. MP.,  atau yang kerap di sapa Ibu Emi. Dosen yang mengajar di Fahutan Unmul, beliau juga anggota luar biasa MAPFLOFA yang saat ini menjadi Pembina MAPFLOFA Fahutan Unmul. Pagi hari itu Bu Emi memaparkan Materi mengenai  Managemen Organisasi  pada pemaparan pagi hari itu  bu emi mengatakan “Cukup banyak hal hal yang harus di pelajari dalam memanagemen organisasi agar bertujuan dapat membangun organisasi yang lebih baik kedepanya maka dari itu harus ada Planning (perencanaan) dan Lead (pengarahan) yang baik dan benar.”

 


Gambar 3. Pemaparan Materi Managemen organisasi  yang oleh Ibu Dr. Emi Purwanti S.Hut. MP

Pada siang hari pukul 10:30 – 11:30 kita sampai pada Materi terakhir pada kegiatan Upgrading yaitu pembahasan mengenai Problem Solving yang akan di maparkan oleh ibu Ir. Yanti Sofya M.si.,  atau yang biasa dipanggil Bu yanti adalah Alumni Fakultas Kehutanan angkatan 1984 dan saat ini beliau berkarier di BDLHK ( Balai Diklat Lingkungan Hidup dan Kehutanan ) sebagai pengajar aparatur dan non aparatur yang berkaitan dengan kegiatan di bidang lingkungan hidup dan kehutanan sesuai dengan materi pada siang pada siang hari itu. Problem Solving adalah pembahasan yang cukup kompleks di karenakan setiap organisasi memiliki masalah dan hambatan yang berbeda,  namun tetap ada solusi dalam setiap masalah yang di hadapi tentunya setiap anggota harus dapat mendefinisikan masalahnya dengan mengembangkan solusi alternative dan menentukan solusi terbaik dalam berjalanya kegiatan organisasi menerapkan solusi juga hal yang harus dilakukan tidak hanya merancang solusi namun juga menerapkan solusi dan juga mengevaluasi setiap kegiatan yang dilakukan. Pemaparan yang di sampaikan dari ibu Ir. Yanti Sofya M.si. juga menjadi penutup dari rangkaian kegiatan Upgrading pada hari itu acara yang terakhir ditutup oleh MC. Harapanya Kegiatan Upgrading dapat dilakukan kembali tahun depan dengan keadaan dan situasi yang lebih baik.


Gambar 4. Pemaparan Materi Problem Solving yang oleh ibu Ir. Yanti Sofya M.si.


Berita Lainnya