logo
Fakultas Kehutanan
Universitas Mulawarman

Berita

Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman

# Akademik
18 Aug 2021 | M.Taufiq | 519 views
Webinar PHP2D SYLVA Mulawarman "Membangun Ekonomi Hijau dengan Mendayagunakan Potensi Hutan Bukan Kayu dan Limbahnya"
"Tidak ada orang pesimis yang pernah menemukan rahasia dari bintang, atau berlayar ke pulau baru, atau membuka jalan keluar baru bagi jiwa manusia" - Helen Keller

Saat ini Mahasiswa Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman melalui Lembaga Eksekutif Mahasiswa Sylva Mulawarman mempunyai kegiatan salah satunya adalah kegiatan yang dirancang dari dana Hibah Nasional PHP2D (Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
-----

Pada Hari Sabtu (31/7) Lalu telah diselenggarakan Webinar dengan tema "Membangun Ekonomi Hijau dengan Mendayagunakan Potensi Hutan Bukan Kayu dan Limbahnya". Kegiatan Webinar ini Dibuka Langsung Oleh Dr Erwin, S.Hut., M.P (Wakil Dekan Bid. Kemahasiswaan) ini memiliki antusias peserta yang tinggi.

Dari 600 peserta, 88,2% merupakan mahasiwa dan sisanya merupakan umum. Berdasarkan survey yang telah dilakukan, ada 99% peserta yang memiliki ketertarikan untuk mengikuti kembali kegiatan yang terkait penyelenggaraan program PHP2D Sylva Mulawarman.

Selain dari Kalimantan Timur, peserta yang mengikuti kegiatan webinar ini juga berasal dari Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Riau, Jawa Barat, Jawa Timur, Sulawesi Tenggara hingga Sumatera Utara. 

Dalam webinar ini disampaikan bahwa limbah dari HHBK terkhususnya penyulingan minyak atsiri, dapat dikelola kembali menjadi suatu produk yang bernilai ekonomi. Seperti, Biopestisida, Eco-Enzym, pupuk organic dan lainnya. Jumlah limbah yang melimpah dan kemajuan teknologi saat ini dapat menjadi peluang besar dalam pengembangan pengelolaan limbah tersebut. Jika masyarakat dapat  mengelola limbah yang tersedia ini, maka akan menambah nilai guna dari limbah itu sendiri untuk masyarakat setempat. Hal inilah Yang Menjadi salah  satu faktor utama dari Tim PHP2D Sylva Mulawarman untuk menjalankan program kegiatan nantinya. 
Webinar ini merupakan rangkaian dari Tiga Series Webinar yang akan diselenggarakan oleh Tim PHP2D Sylva Mulawarman. 
"Bergerak Bersama menjaga kelestarian alam"

Berita Lainnya