logo
Fakultas Kehutanan
Universitas Mulawarman

Berita

Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman

# Akademik
17 Aug 2021 | Admin | 780 views
Workshop 2021 Series : Tema Peningkatan Kualitas dan Kompetensi Dosen

Dalam upaya meningkatkan kualitas, kompetensi, pengembangan wawasan serta skill dosen, Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman melaksanakan program Workshop Series yang telah dilaksanakan pada tanggal 26 Juni 2021 hingga 17 Juli 2021 yang terbagi menjadi 4 seri dengan topik yang mendukung tema Workshop Series yaitu Peningkatan Kualitas dan Kompetensi Dosen.



Workshop Seri 1 dilaksanakan pada tanggal 26 Juni 2021 dengan topik “Penyusunan Roadmap Penelitian & Pengabdian Dosen, yang diisi oleh dua narasumber hebat yaitu Bapak Anton Rahmadi, Ph.D (Ketua LP2M Unmul) dan Bapak Dr.forest. M. Alif K. Sahide, S.Hut., M.Si (Dosen Fahutan Unhas). Webinar ini dimulai pada pukul 13.30 WITA dengan dipimpin oleh Sdr. Liidza Diana Mandzilkh, S.Hut sebagai MC. Acara dibuka dengan sambutan dari Prof. Harlinda Kuspradini, Ph.D selaku Wakil Dekan Bidang Akademik dan dilanjutkan dengan foto bersama. Sesi penyampaian materi hingga diskusi dimoderatori oleh Bapak Kiswanto, Ph.D yang mana pada sesi diskusi peserta cukup antusias bertanya melalui interaksi langsung juga melalui kolom chat zoom. Sertifikat kepada Narasumber dan Moderator diserahkan secara simbolis melalui virtual. Kemudian di akhir sesi, acara ditutup kembali oleh Wakil Dekan Bidang Akademik.


Workshop Seri 2 dilaksanakan pada tanggal 03 Juli 2021 dengan topik “Pengajuan Proposal Penelitian dari Sumber Dana Dalam dan Luar Negeri”. Adapun materi disampaikan oleh Profesor yang berasal dari IPB Bogor yaitu Prof. Dr. Irmanida Batubara, M.Si dan dosen Fahutan Unmul sekaligus ahli orang utan yaitu Dr. Yaya Rayadin, S.Hut., M.P. Berbeda dengan webinar sebelumnya (Seri 1), kegiatan ini berlangsung mulai pagi pukul 09.30-12.00 WITA dengan dipimpin oleh Sdr. Erika Deciawarman, S.Hut., M.P sebagai MC. Sama seperti acara sebelumnya, Prof. Harlinda Kuspradini selaku Wakil Dekan Bidang Akademik membuka acara dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama. Ibu Ir. Nani Husien, M.Sc bertugas sebagai moderator yang memimpin sesi penyampaian materi oleh narasumber dan diskusi/tanya jawab. Tidak kalah menarik dengan Seri 1, pada workshop seri 2 ini peserta dari kalangan dosen di luar lingkungan Fahutan Unmul juga aktif bertanya terkait pengajuan proposal penelitian dan pengabdian yang tidak terlepas dari topik webinar. Memasuki penghujung acara, penyerahan sertifikat simbolis dilakukan secara virtual pula yang dilanjutkan dengan penutupan oleh Prof. Harlinda Kuspradini, Ph.D (Wakil Dekan Bidang Akademik).





Pada tanggal 10 Juli 2021 dilaksanakan kegiatan Workshop Seri 3 dengan topik Workshop Seri 2 dilaksanakan pada tanggal 03 Juli 2021 dengan topik “Pengajuan Proposal Penelitian dari Sumber Dana Dalam dan Luar Negeri”. Pemateri pada webinar seri 3 ini yaitu Prof. Agus Setyo Muntohar, Ph.D yang berasal dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan Bapak Onrizal, S.Hut., M.Si., Ph.D dari Fahutan Universitas Sumatera Utara, serta dimoderatori oleh Ibu Ir. Rita Diana, M.A. Acara berlangsung sama seperti Seri 2 yaitu mulai pukul 08.30-12.00 WITA dengan Sdr. Enik Indrayati sebagai MC. Rundown acara berjalan sama seperti pada kegiatan seri 1 dan 2, dengan jumlah peserta hampir 200 orang yang menunjukkan bahwa topik ini cukup diminati oleh peserta.





Workshop Seri 4 yang diadakan pada tanggal 17 Juli 2021 ini juga berjalan lancar sesuai susunan acara seperti pada workshop seri sebelumnya.  Webinar dengan topik “Teknik Penulisan Jurnal Internasional dan Paten” mengundang narasumber yang sangat berpengalamanan, Prof. Dr. Enos Tangke Arung, S.Hut., M.P (Dosen Fahutan Unmul) dan Ibu Ajeng Arum Sari, Ph.D (LIPI Bandung). Moderator, Bapak Ali Suhardiman, Ph.D mampu memoderatori acara ini dengan sangat baik sehingga peserta pun bersemangat mengikuti acara hingga akhir. Antusias peserta dalam bertanya sangat terlihat mengingat judul dari materi para narasumber berkaitan dengan Tridharma Perguruan Tinggi yaitu Penelitian. Narasumber juga tidak kalah antusias dalam memberikan saran, tips, kiat-kiat, dan informasi kepada peserta dan penanya. Acara ini merupakan acara seri terakhir dari Workshop Series ini.



Secara khusus, webinar ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman dan motivasi peningkatan kualitas serta kompetensi dosen Fakultas Kehutanan UNMUL, dan sekaligus menjadi salah satu proses sosialisasi kompetensi dosen Fakultas Kehutanan secara nasional. Namun keikutsertaan dalam kegiatan ini tidak dibatasi hanya untuk kalangan dosen Fahutan UNMUL, tetapi juga diminati oleh kalangan dosen di luar lingkungan Fahutan Unmul, non dosen, peneliti, mahasiswa, dan juga masyarakat umum.



Harapannya, setelah mengikuti workshop series ini dapat terwujudkan maksud dan tujuan dalam upaya untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalitas dosen dalam melaksanakan tugas-tugasnya terkait kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Sampai jumpa di acara Webinar Series berikutnya
Salam Lestari dan Salam Sehat


Berita Lainnya