logo
Fakultas Kehutanan
Universitas Mulawarman

Survei Kepuasan Mahasiswa

Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman

Survei Kepuasan Mahasiswa (Student Satisfaction Survey)

Survei kepuasan mahasiswa bertujuan untuk mengukur kepuasan mahasiswa terhadap Unit Pengelola Program Studi (UPPS)/Fakultas. Survei ini berisi pengukuran kepuasan mahasiswa terhadap manajemen, sistem seleksi, proses pendidikan, pengelolaan keuangan, sarana prasarana, dan suasana akademik.

(The student satisfaction survey aims to measure student satisfaction with the Study Program Management Unit (UPPS)/Faculty. This survey includes measurements of student satisfaction with management, the selection system, the education process, nancial management, facilities and infrastructure, and the academic atmosphere)

Form ini diisi oleh mahasiswa aktif mulai dari angkatan 2023/2024 dan angkatan periode sebelumnya
(This form is to be lled out by active students from the 2023/2024 class and previous classes.)

Mohon partisipasi Anda untuk mengisi survei berikut. Hasil survei ini akan bermanfaat untuk peningkatan Unit Pengelola Program Studi (UPPS)/Fakultas.
(Please participate in lling out the following survey. The results of this survey will be benecial for the improvement of the Study Program Management Unit (UPPS)/Faculty.)

Cara mengisi: Diisi dengan memilih pada kolom yang disediakan
(Instructions: Fill out the survey by selecting the provided columns).

  1. Sangat Tidak Puas (Very Dissatised)
  2. Tidak Puas (Dissatised)
  3. Puas (Satised)
  4. Sangat Puas (Very Satised)

atau

  1. Sangat Tidak Setuju (Strongly Disagree)
  2. Tidak Setuju (Disagree)
  3. Setuju (Agree)
  4. Sangat Setuju (Strongly Agree)

Kepuasan mahasiswa terhadap MANAJEMEN :
(Student satisfaction with the MANAGEMENT)

Kebijakan yang diambil oleh pimpinan UPPS / Fakultas tepat, bersifat adil, akomodatif *
(The policies made by the UPPS/Faculty leadership are appropriate, fair, and accommodating)


Pimpinan UPPS / Fakultas mampu berkomunikasi dan berintegrasi dengan baik dalam kegiatan akademik dan non-akademik *
(The UPPS / Faculty leadership is able to communicate and integrate well in academic and non-academic activities.)

Kepuasan mahasiswa terhadap SISTEM SELEKSI :
(Student Satisfaction with the SELECTION SYSTEM)

Kejelasan sumber informasi pendaftaran/pengumuman hasil seleksi penerimaan mahasiswa *
(Clarity of registration information sources/announcement of student admission results)


Kesesuaian informasi pendaftaran/pengumuman hasil seleksi penerimaan mahasiswa *
(Accuracy of information regarding registration/announcement of studentadmission results.)


Transparansi proses seleksi penerimaan mahasiswa *
(Transparency of the student admission selection process.)


Kepuasan mahasiswa terhadap PENGELOLAAN KEUANGAN :
(Student Satisfaction with FINANCIAL MANAGEMENT)

Kemudahan pengurusan layanan keuangan di tingkat fakultas *
(Ease of managing financial services at the faculty level)


Kepuasan mahasiswa terhadap SARANA PRASARANA :
(Student Satisfaction with FACILITIES)

Kecukupan pustaka untuk mendukung perkuliahan dan penelitian tugas akhir *
(Adequacy of library resources to support coursework and final research projects)


Sarana ruang kelas, laboratorium memenuhi kebutuhan praktikum dan penelitian tugas akhir (bagi Prodi yang terkait) *
Sufficiency of classrooms and laboratories to meet the needs of practicals and final research projects (for relevant programs)


Kemudahan mengakses sarana laboratorium untuk memenuhi kebutuhan praktikum dan penelitian tugas akhir *
((Ease of accessing laboratory facilities to meet the needs of practicals and final research projects.)


Kecukupan bandwidth internet di lingkungan kampus *
(Adequacy of internet bandwidth on campus.)


Kecukupan dan kenyamanan kamar mandi, kantin, tempat ibadah, ruang hijau *
(Adequacy and comfort of bathrooms, canteens, places of worship, and green spaces.)


Kepuasan mahasiswa terhadap PROSES PENDIDIKAN :
(Student Satisfaction with the EDUCATIONAL PROCESS)

terdapat kepuasan mahasiswa terhadap aspek-aspek berikut
(There is student satisfaction with the following aspects:)

  • Aspek/aspect : DOSEN/Lecturers
  • Aspek/aspect :TENAGA KEPENDIDIKAN/Staff
  • Aspek/aspect : PENGELOLA/Administration

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah mendukung Capaian Pembelajaran Lulusan *
(Course learning outcomes support graduate learning outcomes)


Perkuliahan mengintegrasikan hasil penelitian atau pengabdian masyarakat *
(Courses integrate research findings or community service)


Perkuliahan menggunakan berbagai metode pembelajaran (contoh: diskusi kelompok, presentasi, studi kasus, dll) *
Courses utilize various teaching methods (e.g., group discussions, presentations, case studies, etc.)


Ketercapaian pembelajaran yang diperoleh di akhir studi *
(Achievement of learning outcomes obtained at the end of study.)


a. Aspek/aspect = DOSEN/Lecturers
Kepuasan mahasiswa terhadap proses pendidikan pada aspek DOSEN
(Student satisfaction with the educational process in terms of lecturers)


Keandalan dan kemampuan dosen dalam memberikan pelayanan terhadap mahasiswa *
(Reliability and competence of lecturers in providing services to students.)


Daya tanggap dosen dalam membantu mahasiswa dan memberikan jasa dengan cepat *
(Responsiveness of lecturers in assisting students and providing services promptly.)


Kepastian bahwa pelayanan dosen sesuai dengan ketentuan *
(Certainty that lecturers services comply with regulations.)


Kepedulian dosen dalam memberi perhatian kepada mahasiswa *
(Concern and care of lecturers in paying attention to students.)


b. Aspek TENAGA KEPENDIDIKAN
Kepuasan mahasiswa terhadap proses pendidikan pada aspek TENAGA KEPENDIDIKAN


Keandalan dan kemampuan tenaga kependidikan dalam memberikan pelayanan terhadap mahasiswa*
(The reliability and capability of educational personnel in providing services to student.)


Daya tanggap tenaga kependidikan dalam membantu mahasiswa dan memberikan jasa dengan cepat*
(Responsiveness of educational staff in assisting students and providing services quickly.)


Kepastian bahwa pelayanan tenaga kependidikan sesuai dengan ketentuan *
(The assurance that educational staff services comply with regulations)


Kepedulian tenaga kependidikan dalam memberi perhatian kepada mahasiswa *
(Teachers' concern in paying attention to student)


c. Aspek Pengelola (Management)
Kepuasan mahasiswa terhadap proses pendidikan pada aspek pengelola
(Student satisfaction with the educational process in terms of management)


Keandalan dan kemampuan pengelola dalam memberikan pelayanan terhadap mahasiswa *
(Reliability and the ability of administrators to provide services to students.)


Daya tanggap pengelola dalam membantu mahasiswa dan memberikan jasa dengan cepat *
The responsiveness of the management in assisting students and providing services quickly.)


Kepastian bahwa pelayanan pengelola sesuai dengan ketentuan *
The assurance that the management services comply with the regulations)


Kepedulian pengelola dalam memberi perhatian kepada mahasiswa *
(Management's concern in giving attention to student)


Kepuasan mahasiswa terhadap Suasana Akademik :
(Student satisfaction with the Academic Atmosphere)

Kesempatan pengembangan diri di luar bidang kurikuler *
(The opportunity for selfdevelopment outside the curricular field)


Kepuasan mahasiswa terhadap Aspek Bimbingan :
(Student satisfaction with guidance aspects)

Bagaimana Anda menilai kualitas komunikasi dan ketersediaan waktu dosen pembimbing Anda ?


Seberapa puas Anda dengan penguasaan materi dan kualitas arahan/umpan balik yang diberikan oleh dosen pembimbing?


Bagaimana Anda menilai sikap dan pendekatan dosen pembimbing dalam mendukung dan memotivasi Anda (kesabaran, objektivitas, mendorong kemandirian)?


Secara keseluruhan, apakah bimbingan ini telah membantu Anda dalam proses studi/tugas akhir Anda?