logo
Fakultas Kehutanan
Universitas Mulawarman

E-Complaint

Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman

E-Complaint

Dalam kerangka peningkatan dan penjaminan mutu layanan di Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman, Layanan Pengaduan secara Elektronik (e-complaint) merupakan fasilitas untuk penyampaian saran atau keluhan dari mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, alumni dan masyarakat umum. Saran atau keluhan yang diterima akan dikelola oleh Gugus Jaminan Mutu Fakultas Kehutanan dan akan ditindaklanjuti ke masing-masing unit pengelola di Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman. Identitas dari penyampai saran atau keluhan hanya diperlukan untuk penyampaian respon balik dari Fakultas Kehutanan yang akan dijaga kerahasiaannya.


Sertakan Nama Anda, serta isi komplain dan solusi yang Anda tawarkan. Ruang lingkup keluhan meliputi semua jenis layanan yang diberikan oleh unit kerja di Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman, yaitu:

  1. Akademik
  2. Tata Usaha/Umum
  3. SDM/Kepegawaian
  4. Perlengkapan/Fasilitas
  5. Kemahasiswaan
  6. Keuangan
  7. Sistem Informasi


Data E-Complaint

No
Nama
Tanggal
Unit Keluhan & Komplain
Tanggapan
1
******************
30 Nov -0001
Unit : Akademik
mohon di perhatikan dan dievaluasi kebijakan asisten praktikum yang menjadikan praktikum sebagai ajang "balas dendam" dan "perpeloncoan" dengan dalih "menguji mental dan membentuk mental". memberi dateline laporan seenak asisten serta memberikan aturan dalam membuat report/ laporan hasil praktikum dengan dasar "balas dendam" daripada fungsi report/laporan sebagai ajang pemahaman praktikan terhadap tujuan serta esensi praktikum itu apa, mohon bapak/ibu di jajaran akademik dan prodi membuat kebijakan serta SOP dalam pelaksanaan praktikum dan kegiatan penyertanya, serta kalau bisa dalam penentuan asisten praktikum mohon lebih diperhatikan dengan memilih mahasiswa yang berkompeten serta memiliki tujuan sharing knowladge dan mengarahkan, bukan hanya mahasiswa yang bermodalkan gaya gayaan tanpa tahu esensi nilai praktikum bahkan asistennya sendiri tidak memahami arti dan materi praktikumnya terimakasih semoga fahutan semakin jaya
2
******************
30 Nov -0001
Unit : Umum
Saya mau menyampaikan sedikit masukan soal WC perempuan di gedung ruang Puspa (411). Sering saya perhatikan kalau pintunya tidak ada kuncinya. Jujur, ini cukup bikin tidak nyaman karena kami sebagai perempuan butuh privasi dan rasa aman saat di dalam. Karena tidak ada kunci ditakutkan akan ada orang lain masuk tanpa sengaja, yang tentu bikin panik dan risih. Saya harap ini bisa segera diperbaiki supaya WC bisa lebih nyaman digunakan. Selain masalah kunci yang belum ada, jumlah WC yang tersedia juga terasa kurang. Akibatnya, antrean sering kali terlihat sangat panjang. Jika memungkinkan, saya sangat berharap akan ada penambahan WC atau solusi lain agar antrean bisa berkurang.
3
******************
06 Jan 2025
Unit : Akademik
Saya sebagai mahasiswa Fakultas Kehutanan, ingin menyampaikan keluhan terkait sistem layanan akademik pada website Fakultas Kehutanan, khususnya pada bagian pengajuan dokumen seperti transkrip nilai sementara, kartu hasil studi (KHS), dan surat aktif kuliah dan dokumen lainnya. Saya mengapresiasi adanya layanan digital yang mempermudah mahasiswa dalam mengajukan dokumen akademik. Namun, saya sangat menyayangkan bahwa privasi mahasiswa tidak sepenuhnya terjaga. Hal ini disebabkan oleh adanya tampilan daftar (list) permintaan mahasiswa yang dapat diakses oleh siapa saja melalui website tersebut. Informasi yang ditampilkan, seperti nama mahasiswa, nomor mahasiswa, dan dokumen yang diajukan, merupakan data pribadi yang seharusnya dirahasiakan. Saya khawatir bahwa akses terbuka terhadap data tersebut dapat menimbulkan berbagai risiko, termasuk potensi penyalahgunaan informasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, situasi ini bertentangan dengan prinsip perlindungan data pribadi yang seharusnya dijunjung tinggi oleh institusi pendidikan. Sehubungan dengan hal tersebut, saya memohon agar pihak Fakultas Kehutanan dapat mengambil langkah-langkah perbaikan yang lebih baik. Sebagai mahasiswa saya izin memberi masukan untuk dapat memperbaiki: 1) Membatasi akses daftar permintaan hanya untuk pengguna yang berwenang (misalnya, dengan login mahasiswa yang bersangkutan). 2) Mengimplementasikan sistem privasi yang memastikan data mahasiswa tidak dapat diakses oleh pihak yang tidak berkepentingan. Saya berharap keluhan ini dapat menjadi perhatian serius bagi pihak fakultas demi menjaga kepercayaan dan kenyamanan mahasiswa mengenai pentingnya perlindungan data pribadi.. Atas perhatian dan tindak lanjut yang diberikan, saya ucapkan terima kasih.
Terima kasih saran dan koreksi yang diberikan, kami mohon maap atas data yang bisa diakses publik, untuk itu kami tidak lagi menampilkan identitas seperti NIM dan file yang diperlukan tetapi untuk nama masih kami tampilkan dengan menyingkatnya ini dikarenakan untuk keperluan penilaian pelayanan yang telah kami sediakan di website.
4
********
02 Nov 2024
Unit : Umum
tolong untuk perpustakaan fahutan dibuka lebih pagi yaa, mungkin bisa di sesuaikan dengan jam kerja.... terkadang jam buka nya siang banget hingga jam setengah 10/10 pagi , dulu nya di buka lebih pagi, sekarang makin kesini makin siang buka nya kasian kita sebagai mahasiswa hingga menunggu terlalu lama.. terima kasih
Terima kasih informasinya, telah kami teruskan ke Dekan dan Wakil dekan II untuk di tindak lanjuti
5
********
29 Oct 2024
Unit : Akademik
Mic dan AC kelas Puspa dan pulai tidak berfungsi dengan sehingga kelas menjadi panas
Terima kasih informasinya, telah di perbaiki dan normal kembali
6
********
14 Oct 2024
Unit : Umum
Ac di kelas mersawa tidak berfungsi dengan baik
Terima kasih informasinya, telah di perbaiki dan normal kembali
7
********
14 Oct 2024
Unit : Akademik
Ac di kelas merasa wa tidak dingin dan ada 1 ac tidak berfungsi
Terima kasih informasinya, telah di perbaiki dan normal kembali