logo
Fakultas Kehutanan
Universitas Mulawarman

Berita

Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman

# Akademik
17 Sep 2020 | Admin | 1,029 views
Seminar Ilmiah Kehutanan Mulawarman 5 (SIKMA) secara Daring

Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman telah melaksanakan kegiatan rutin sebelum acara yudisium sarjana dan pascasarjana, para lulusan diwajibkan untuk menyeminarkan hasil penelitian mereka dalam Seminar Ilmiah Kehutanan Mulawarman.

Seminar Ilmiah Kehutanan Mulawarman ke 5 kali ini diberi tema "Peluang Pengembangan Produk HHBK untuk Kesejahteraan Masyarakat" dengan Keynote Speaker Bapak Agus Sukito, Ph.D. beliau adalah peneliti di Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Hasil Hutan Bukan Kayu, Mataram, dengan moderator Ibu Dr. Harlinda Kuspradini.

UU 41 tahun 1999: Hasil hutan adalah benda-benda hayati, non-hayati dan turunannya, serta jasa yang berasal dari hutan. “HHBK adalah hasil hutan hayati baik nabati maupun hewani beserta produk turunan dan budidaya kecuali kayu yang berasal dari hutan.” (Permenhut No. P. 35/Menhut-II/2007). 

Pengelolaan HHBK mendukung upaya pengelolaan hutan lestari, umumnya sistem pemanenannya bersifat tidak merusak (non destructive harvesting). Bila HHBK dikelola secara seksama, berperan besar meningkatkan nilai lahan hutan dan pendapatanmasyarakat.

Mengapa HHBK perlu dikembangkan? yang pertama Potensi hasil hutan kayu alam Indonesia sudah menipis. Banyak
perusahaan HPH/HTI hanya memiliki izin uzaha tetapi tidak melakukan eksploitasi, kalaupun ada RKT-nya kecil, yang kedua Sumberdaya hutan dapat menghasilkan MULTIPLE PRODUCT seperti HK, HHBK, JASLING, yang ketiga Nilai Ekonomi SDH, 20% hasil kayu, 80 % (HHBK + JASLING), keempat Pengembangan HHBK dapat meningkatkan produktivitas lahan, manfaat ekonomi, manfaat sosial, dan meningkatkan kualitas lingkungan dan yang kelima Untuk itu pengembangan HHBK menjadi sangat strategis.

Tantangan dalam HHBK adalah memerlukan terobosan dari mulai HULU seperti inventarisasi, budidaya, produktivitas, sampai HILIR (mutu, diversifikasi produk,sosial-ekonomi, pengolahan, pemberdayaan masyarakat, peraturan perundangan dan dinamika sosial ekonomi) bapak Agus Sukito dalam paparanya.

Bapak Agus Sukito, Ph.D.


Acara kemudian membagi 5 ruang dengan ketentuan sesuai bidang dari masing-masing hasil penelitain. 

Pada Ruang 1 sebagai Moderator: Dr. Hut. Rochadi Kristiningrum, S.P.,M.P dengan peserta:

Rachmad Mulyadi : Pemodelan Hidrologi dengan HEC-HMS di Sub DAS Karangmumus Samarinda

Rizkia Rifa Aulia : Pengendalian Kualitas Produk Sambungan Menjari Kayu Lamina Dengan Metode Six Sigma Pada PT. Cahaya

Hermawan Haji Rasyid : Potensi Limbah Penebangan Di Areal PT Surya Hutani Jaya Distrik Muara Bengkal Samtraco Utama Samarinda

Denny Tritennov : Aktivitas Antioksidan Dan Antiacne Propionibacterium acnes Ekstrak Fraksi n-Heksana, Etil Asetat Dan Metanol Daun Mahang (Macaranga pruinosa (L.) Muell.Arg

Nasriana : Peran Tenaga Kerja Perempuan Terhadap Pengelolaan Ekiwisata Mangrove Di Bukit Sekatup Damai Kota Bontang

Irwansyah : Pengaruh Kegiatan corporate social responsibility terhadap citra perusahaan PT. Balikpapan Wana Lestari Kelurahan Sotek Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara.

Rohman : Dinamika Komunitas Mahang (Macaranga spp.) di Hutan Penelitian dan Pendidikan Bukit Soeharto (HPPBS) Universitas Mulawarman.

Safat Amin : Efektifitas Pengawet Boraks Pada Kayu Trembesi (Albizia saman) Dari Serangan Rayap Tanah Dengan Metode Perendaman Dingin Dan Panas Dingin

Maryati : Keragaman Vegetasi Dan Serapan Karbon Mangrove Pada 3 (Tiga) Lokasi Bekas Tambak Di Desa Salo Palai Muara Badak Kalimantan Timur Pada Tahun 2019.

Faris Eko Putranto : Pendugaan Laju Erosi Pada Kawasan Revegetasi Lahan Pasca Tambang Batubara Di PT Kitadin Site Embalut Kabupaten Kutai Kartanegara Kalimantan Timur.

Dirga Noprianda : Kajian Pemanfaatan dan Pelestarian Mangrove Oleh Masyarakat Di Kelurahan Tanjung Laut Indah Kota Bontang.

Steven Hoeston Roberto Sirait : Retensi Bahan Pengawet BIOTERMIKIL 100 EC Pada Kayu Sukun (Artocarpus altilis (Park.) Fosberg) Dengan Lama Perendaman dan Konsentrasi yang Berbeda.

Angel Putri Mellolo : Indeks Kenyamanan Kawasan Berbasis Iklim Mikro dan Presepsi Pengunjung Bontang Mangrove Park Di Taman Nasional Kutai.

Irwan : Pengaruh volume tajuk ketapang (Terminalia catappan Linn) terhadap suhu lingkungan di Kota Samarinda Kalimantan Timur

Meidi B. Judinnur : Analisis Finansial Usaha Budidaya Sarang Burung Walet (Collocalia fuciphagus) Di Desa Sebelimbingan Kecamatan Kota Bangun Kabupaten Kutai Kartanegara.

Andi Supianto : Pengawetan Kayu Terap (Arthocarpus elasticus Reinw) Dengan Metode Perendaman Dingin Dan Perendaman Panas-Dingin Pada Konsentrasi Yang Berbeda Menggunakan Bahan Pengawet Akonafos 480 EC.



Ruang 2 sebagai Moderator: Mochamad Syoim, S.Hut.,M.P. dengan peserta:
Rahmah : Pemanfaatan Sumber Daya Hutan Oleh Masyarakat Di Sekitar Taman Nasional Kutai.
Baktiriani Banda Padang : Kemampuan Adsorpsi Arang Aktif Sebagai Adsorben Air Yang Tercemar Oli Bekas Berdasarkan Waktu Perendaman Serbuk Arang Dalam Larutan Asam Klorida.
Hendrikus Saputra : Studi Tentang Peran Masyarakat Dalam Pelestarian Sumber Daya Air di Kawasan Hutan Lindung Gunung Eno Desa Linggang Melapeh Kecamatan Linggang Bigung Kabupaten Kutai Barat.
Ayu Novrizia : Persepsi Masayarakat Terhadap Upaya Pelestarian Taman Nasional Kutai.
Muhammad Hidayat : Pengaruh Pemberian Berbagai Dosis Biochar Terhadap Pertumbuhan Anakan Jabon (Anthocephalus cadamba) Di Lahan Pascatambang Batubara di Desa Bakungan, Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur.
Defi Sekarindah : Studi Pengaruh Frekuensi Pengadukan Terhadap Laju Dekomposisi dan Kadar Hara Bokashi Sekam Padi.
Sunari : Pengaruh Pemberian Pupuk Nitrobacter Dan Pupuk Hayati (Mikro Organisme) Terhadap Media Tanah Dan Lumpur Pada Pertumbuhan Tanaman Saga (Adenanthera Pavonina) Di Lahan Pasca Tambang BatuBara.
Achmad Rizky Zulfikar Sujana : Aktivitas Harian Individu Betina Dewasa Dan Anak Lutung Kelabu (Trachypithecus cristatus Raffles, 1821) Pada Fragmen Habitat Tersisa Di Areal Pt Kaltim Industrial Estate Kota Bontang.
Uli Artha Gultom : Pendugaan Erodibilitas Tanah dan Identifikasi Jenis Erosi di Lahan Pasca Tambang Batubara.
Theza Septari : Pengaruh Perbedaan Naungan terhadap Pertumbuhan Semai Shorea multiflora (Burck) Sym.
Dinda Tiara Andini : Bioaktivitas "Beepollen" Kelulut Dari Balikpapan Dan Penajam.
Maximilianus Nyangun : Analisis Biaya Break Even Point Pembuatan Pellet Energi dari Serbuk Kayu Meranti Merah (Shorea leprosula).
Wida Ningsih : Strategi Pengelolaan Kebun Raya Balikpapan (KRB) Sebagai Kawasan Ekowisata.
Siti Sofiatun Nafiah : Perbandingan Antara Pereaksi Komersil Asam Format Dan Asap Cair Sebagai Koagulan Lateks
Dewi Santa M Bakara : Inventarisasi dan Pemetaan Tumbuhan Berkhasiat Obat Tingkat tiang dan Pohon di Hutan Pendidikan Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman.
Bahri Tangoi Purba : Laju Infiltrasi dan Permeabilitas Tanah pada Tutupan Vegetasi Berbeda di Hutan Pendidikan Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman.

Ruang 3 sebagai Moderator: Dr. Ir. Setiawati, S.Hut.,MP. dengan peserta:
Sirajuddin : Optimasi Proses Produksi Bioetanol dan Biobriket dari Kulit Ubi Kayu (Manihot esculenta Cranntz) Secara Simultan.
Ridwan : Studi Perilaku Mengamankan Sarang Jenis Elang Brontok (Nisaetus cirrhatus) Di Hutan Pendidikan Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman.
Yusni : Peran Ekowisata Air Terjun Gunung Rambutan Terhadap Pendapatan Masyarakat Desa Sungai Terik Kecamatan Batu Sopang Kabupaten Paser Kalimantan Timur.
Muhammad Arsyad : Pengaruh Lumpur Sungai Mahakam dan Serbuk Kayu Gergaji Sengon bagi Pertumbuhan Tanaman Saga (Adenanthera pavonina) pada Lahan Pasca Tambang Batubara.
Saidilah Muhamad : Respon Pertumbuhan Semai Jabon (Anthocephalus cadamba) Pada Media Tanam Tanah Spodosols Dengan Berbagai Dosis Biochar Yang Direndam Poc Selama 24 Jam.
Malissa Yusnicha Yusak : Iklim Mikro di Bawah Tegakan Pohon Median Jalan Kombinasi Angsana (Pterocarpus indicus) dan Glodokan (Polyalthia longifolia) di Jalan Mayor Jenderal S. Parman di Kota Samarinda.
Nurjanna : Pemanfaatan Mangrove Bagi Masyarakat Kelurahan Mentawir Kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara.
Rusniawati Melia So’ba : Pengaruh Pemberian Pupuk NPK, Pupuk Nitrobakter dan Pupuk Hayati terhadap Pertumbuhan Tanaman Nyaplung (Calophyllum inophyllum Linn) dan Perubahan Sifat Fisik Kimia Tanah Pada Lahan Pasca Tambang Batu Bara.
Muhammad Lutfi Hamdani : Penaksiran Biomassa Dan Cadangan Karbon Pada Hutan Bakau Di Desa Tani Baru Kawasan Delta Mahakam.
Yospin : Kualitas Air pada Kawasan Reklamasi Lahan Pasca Tambang Batubara PT Kitadin Site Embalut Kabupaten Kutai Kartanegara.
Cristianus Renaldy : Uji Ketahanan Api Kayu Sengon (Paraserianthes falcataria (L.) Nielsen) Berdasarkan Lama Perendaman dan Konsentrasi Bahan Pengawet Natrium Silikat (Na2SiO3).
Binti Khairunisa : Potensi Propolis dari 8 Jenis Lebah Kelulut Samarinda Kalimantan Timur sebagai Antioksidan.
Elisa Br Ginting : Pengaruh Pemberian Naungan Sarlon dan Sungkup Plastik Terhadap Pertumbuhan Semai Mahoni (Swietenia macropylla King).
Ela Ernawat : Persepsi Masyarakat Desa Mekar Jaya Terhadap Keberadaan Perusahaan HTI dan Kelapa Sawit.
Ulfi Fajaratul Churriyah : Komposisi Campuran Batang Singkong (Manihot esculenta) dan Sekam Padi (Oryza sativa) Terhadap Kualitas WPC (Wood Plastic Composite).


Ruang 4 sebagai Moderator: Ir. Rita Diana, M.A. dengan peserta:
Yuliansyah : Potensi Biomassa Hutan Sebagai Bahan Baku Energi dalam Pengembangan Desa Mandiri Listrik di Kalimantan Timur.
Anggraenni Kusumawardhani : Inventarisasi Jenis Burung Dengan Metode Penangkapan Menggunakan Mist-Net Di Areal Hutan Pendidikan Fahutan Unmul (HPFU) Samarinda Kalimantan Timur Pada Tahun 2019.
Dewina Taruklinggi : Kontribusi Sub-Sektor Kehutanan Terhadap Perekonomian Provinsi Kalimantan Timur Periode 2010-2018 .
Herwan : Pengaruh Pemberian Pupuk Nitrobacter dan Pupuk Hayati Pada Media Tanah (Top Soil) dan Lumpur Sungai Mahakam Terhadap Pertumbuhan Tanaman Pala (Myristica fragrans) di Lahan Pasca Tambang.
Nurman Krisdianto : Respon Pertumbuhan Anakan Jabon (Anthocephalus cadamba) Terhadap Media Tanam Tanah Spodosols dengan Berbagai Dosis Biochar yang direndam POC Selama 1 Jam.
Selviana Rempe : Karakteristik Iklim Mikro di Bawah Tegakan Angsana (Pterocarpus indicus) pada Median Jalan Muhammad Yamin Samarinda.
Robin Sulistio : Pencirian Makroskopis, Kekerasan dan Berat Jenis Fosil Kayu Asal Desa Purwajaya Kutai Kartanegara.
Henrika Sarlota Sandangan : Pemetaan Tingkat Bahaya Erosi pada Lahan Pasca Tambang Batubara PT Kitadin Site Embalut Kutai Kartanegara.
Ratna Juita : Karakteristik Suhu Dan Kelembapan Tanah Pada Kedalaman Dan Posisi Bidang Kemiringan Yang Berbeda Di Arboretum B2P2EHD Samarinda.
Nurvianti : Studi Tentang Kualitas Air Sungai pada Kawasan Pertambangan Batubara PT Mahakam Sumber Jaya Kabupaten Kutai Kartanegara.
Michael Amdhani Tarigan : Identifikasi Perkembangan Kondisi Tanah Di Bawah Tanaman Revegetasi Lahan Pasca Tambang Batubara PT Mahakam Sumber Jaya Kabupaten Kutai Kartanegara.
Wandala Putra Permana : Produktivitas dan Analisis Biaya Mesin Pancang sebagai Alat Pemuatan Kayu di Kelompok Tani Sunggalit Mitra Sawit Dayak Ahi Harapan Maju Sejahtera, Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Berau.
Ahmad Iskandar : Pengawetan Kayu Sukun (Altocarpus indicus) dengan Metode Perendaman Dingin Menggunakan Bahan Pengawet Tembaga Sulfat (CuSO4).
Fathur Rohman : Komposisi Campuran Serbuk Arang Pelepah Kelapa Sawit(Elais guineensis Jacq) Dan Serbuk Arang Pelepah Aren (Arenga pinnata Merr) Terhadap Kualitas Briket Arang.


Ruang 5 sebagai Moderator: Ir.Hj. Nani Husien, M.Sc. dengan peserta:
Ilham : Produktivitas Penebangan di Lahan Kelompok Tani Sunggalit Mitra Sawit Dayak AHI Harapan Maju Sejahtera, Kabupaten Berau.
Alif Rizky Utama : Identifikasi Jenis-Jenis Herpetofauna Pada Kawasan Gambut Desa Muara Sirah Kutai Karta Negara Kalimantan Timur.
Tita Indrianti : Persepsi Masyarakat tentang Pembangunan Agroforestri di Lahan Pasca Tambang PT Multi Harapan Utama di Desa Jonggon Jaya Kabupaten Kutai Kartanegara.
Jena Christina Viviani Wise : Pengaruh Pemberian Pupuk Nitrobacter, Pupuk Hayati dan Pupuk NPK Terhadap Pertumbuhan Tanaman Saga (Adenanthera pavonina) Di Lahan Pasca Tambang.
Dian Puspitasari : Skrining Bioaktivitas Daun Dan Kulit Batang Mitragyna speciosa Korth. Dan Lansium domesticum Corr.
Muhammad Wilujeng : Dinamika Kupu-Kupu Di Areal Revegetasi Paca Tambang PT Kitadin Site Tandung Mayang Kabupaten Kutai Timur.
Muhammad Abdul Burhanuddin : Permudaan Semai Jenis Pohon Litsea spp. di Areal Hutan Pendidikan Unmul (HPFKPU).
Herdyanto : Evaluasi Tingkat Keberhasilan Revegetasi Lahan Pasca Tambang Batubara Di PT Mahakam Sumber Jaya.
Widia Rahayu Panjaitan : Karakteristik Iklim Mikro Pada Pemulsaan Menggunakan Daun Sengon (Falcataria moluccana) Di Tutupan Lahan dan Kelerengan Yang Berbeda.
Ade Chandra Kurniawan : Analisis Finansial Budidaya Tambak Udang Windu Dan Ikan Bandeng di Kawasan Mangrove Kelurahan Mentawir Kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara.
Lewi Replace : Pendugaan Laju Erosi Pada Kawasan Revegetasi Pasca Tambang Batubara PT Mahakam Sumber Jaya Kutai Kartanegara Kalimantan Timur.
Eva Oktaviani : Potensi Bioaktivitas dan Pemanfaatan Bagian Daun Tumbuhan Invasif di Hutan Tanaman Industri PT Fajar Surya Swadaya Kecamatan Long Kali Kabupaten Penajam Paser Utara.
Adyta Adriyana : Persepsi Kelompok Tani Hutan Kemasyarakatan (HKm) Terhadap Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Bongan.
Seri Andrian : Pengawetan Kayu Medang (Litsea cylindrocarpa Gamble) Menggunakan Oli Bekas Dengan Lama Perendaman Pada Konsentrasi yang Berbeda Serta Ketahanannya Terhadap Rayap Tanah.
Saipul : Kajian Usaha Sarang Burung Walet (Collocalia sp.) di Desa Perupuk, Kecamatan Sangkulirang


Dekan Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman

Moderator Dr. Harlinda Kuspradini











Berita Lainnya