Hibah Akademik Fakultas Kehutanan Unmul

Skema Hibah

30-December-2022

PENGANTAR

 

Pengembangan kompetensi dosen dalam pelaksanaan peran Tridharma perguruan tinggi menjadi sangat esensial, terlebih dalam upaya merespon tantangan dan kebutuhan dunia pendidikan di masa kini dan mendatang. Dosen tidak lagi hanya dituntut untuk mampu menyampaikan pengajaran dengan materi dan teknik pengajaran konvensional, namun lebih dari itu upaya-upaya ke arah penguasaan isu- isu terbaru pun menjadi sangat diperlukan.

 

Fakultas Kehutanan yang memiliki visi yang sejalan dengan visi Universitas Mulawarman, mentargetkan untuk menjadi fakultas terkemuka dengan keunggulan tridharma perguruan tinggi dengan berbasis pada sumberdaya alam hutan tropis lembab dan lingkungannya.

 

Penelitian merupakan salah satu implementasi tugas dosen yang tidak hanya berorientasi pada penguatan materi pengajaran yang diberikan di kelas, namun lebih dari itu penelitian dosen diarahkan untuk response terhadap perkembangan ipteks dan sebagai upaya untuk menjawab dan memberikan solusi atas berbagai permasalahan.

 

Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman memandang strategis untuk memberikan dukungan kepada sumber daya dosen dan mahasiswanya baik untuk program pengembangan diri melalui studi lanjut juga untuk pelaksanaan penelitian dan pengabdian serta berbagai aspek yang terkait di dalamnya termasuk upaya untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian dan perlindungan atas Hak Kekayaan Intelektualnya.



 

SKEMA HIBAH

Skema Kegiatan dan Besaran Bantuan

No

Skema

Besaran Bantuan

1

Penelitian dosen yang melibatkan mahasiswa

Rp. 5.000.000,-

2

Pengabdian dosen yang melibatkan mahasiswa

Rp. 2.500.000,-

3

Penelitian mahasiswa

Rp. 2.000.000,-

4

Pengabdian mahasiswa

Rp. 2.000.000,-

5

Luaran artikel ilmiah pada jurnal internasional

Q1 = Rp. 15.000.000,-

Q2 = Rp. 10.000.000,-

Q3 = Rp. 7.500.000,-

Q4 = Rp. 5.000.000,-

Rectrobio, Jurnal tidak terindek, Prosiding Internasional = Rp. 2.500.000,-

6

Luaran artikel ilmiah pada jurnal nasional

Maksimal Rp. 2.000.000,-

6

Penerbitan buku dan Kekayaan Intelektual (buku ajar, buku teks, e-book ber – ISBN, paten, paten sederhana, hak cipta buku)

Maksimal Rp. 5.000.000,-

7

Bantuan dosen studi lanjut (S3)

Maksimal Rp. 28.000.000,-

 


Template Proposal dan Laporan Kegiatan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

30-December-2022

Proposal Penelitian [template]

Proposal Pengabdian kepada Masyarakat [template]

Laporan Akhir Penelitian [template]

Laporan Akhir Pengabdian kepada Masyarakat [template]

Lembar Persetujuan Mitra (untuk kegiatan PkM) [template]

Timeline Hibah Publikasi

  1. Pengusulan

  2. Pengumuman

  3. Pencairan Dana



Timeline Proposal Penelitian dan Pengabdian

  1. Pengusulan

  2. Seleksi

  3. Pengumuman

  4. Pencairan Dana 70%

  5. Pelaksanaan Kegiatan

  6. Monitoring & Evaluasi

  7. Pencairan Dana 20%

  8. Laporan Akhir

  9. Pencairan Dana 10%



Timeline Biaya Pendidikan Doktor

  1. Pengusulan

Penerimaan Proposal

30-December-2022

Go to Hibah Akademik

Seleksi

Pengumuman

SK Pengumuman

Pencairan Dana

Monitoring & Evaluasi

Riset Area

30-December-2022


Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di Fakultas Kehutanan Mulawarman wajib selaras dengan Visi dan Misi Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman.


Visi

“Menjadi Fakultas Kehutanan terkemuka di Asia dengan keunggulan tridharma yang berbasiskan pada potensi sumberdaya hutan tropis lembab dan lingkungannya”



Misi

Melaksanakan sistem pendidikan tinggi yang sehat dan relevan dengan dunia kerja, perubahan sosial, dan perkembangan global;

Melaksanakan pengembangan sumber daya manusia (SDM) di bidang kehutanan yang berkualitas, berkepribadian dan profesional melalui penyelenggaraan pendidikan tinggi yang modern dan memenuhi standar nasional maupun internasional;

Menyelenggarakan penelitian-penelitian yang berkualitas serta berdayaguna dengan mengedepankan prinsip-prinsip kelestarian lingkungan hidup dan berkelanjutan, khususnya pada bidang kehutanan;

Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berbasis pada riset dan pengembangan ipteks kehutanan untuk kemanfaatan bagi masyarakat;

Menjalankan pengelolaan fakultas yang terstandar, akuntabel, transparan dan mandiri;

Mengembangkan jejaring dan kemitraan dengan para pihak dalam peningkatan mutu pelaksanaan tridharma.

 

Tujuan Fakultas Kehutanan

Menghasilkan lulusan yang unggul dan bertaraf Internasional  dalam bidang kehutanan, kompetitif dalam bidang manajemen hutan, konservasi dan juga pengolahan hasil hutan;

Menghasilkan lulusan yang profesional dalam pengelolaan hutan dan pengolahan hasil-hasilnya di masyarakat;

Menghasilkan lulusan yang mampu mendedikasikan ilmunya berdasarkan nilai-nilai etika dan moral;

Menghasilkan karya-karya penelitian yang bermanfaat untuk pengembangan ilmu kehutanan serta peningkatan kesejahteraan masyarakat.

 

Peta Penelitian

Rencana Induk Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Fakultas Kehutanan Unmul (RIPPkM)

30-December-2022

Dokumen RIPPkM Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman dapat diunduh [di sini]

 

Fakultas Kehutanan sebagai bagian dari Universitas Mulawarman (UNMUL) sebagai PK-BLU (Pengelola Keuangan-Badan Layanan Umum) yang telah ditetapkan melalui Keputusan Menteri Keuangan R.I Nomor 51/KMK.05/2009 harus mengemban mandat utama melaksanakan Tri Dharma.

Dengan berpegang pada Pola Ilmiah Pokok (PIP) “hutan tropis lembab (tropical rain forest) dan lingkungannya”, UNMUL membangun visi ”menjadi universitas berstandar internasional yang mampu berperan dalam pembangunan bangsa melalui pembangunan bangsa melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang bertumpu pada sumber daya alam (SDA) khususnya hutan tropis lembab (tropical rain forest) dan lingkungan.”. Dengan visi tersebut beberapa prinsip yang  dikembangkan, sebagaimana yang telah dituangkan dalam Renbis 2015-2019, adalah (1) pendidikan berkualitas, berkeadilan, dan berbudaya, (2) menampakan ciri khas dan keunggulan, (3) realistis, (4) berkeseimbangan antara logika – etika – estetika, (5) bermakna dalam peningkatan IKK Pendidikan Tinggi, dan (6) berbasis data.

RIP PkM Fahutan ini telah disusun dengan didasarkan pada visi universitas, pola ilmiah pokok (PIP), Rencana Strategis (Renstra) dan Rencana Bisnis (Renbis) Universitas Mulawarman 2015-2019 yang memuat kebijakan strategis pembangunan Universitas Mulawarman 2015-2019 serta program dan kaidah pelaksanaannya. Selain itu penyusunannya juga didasarkan pada dokumen Rencana Strategis (Renstra) Penelitian Universitas Mulawarman 2016-2020, Rencana Strategis (Renstra) Fahutan 2016-2020, Rencana Kerja Dekan Fahutan 2016-2020 serta Keputusan Senat Fahutan yang terkait dengan arah kebijakan, program pengembangan dan peningkatan kualitas penelitian di Fahutan UNMUL.

Selain itu RIPPkM Fahutan juga telah dibangun dengan menyelaraskannya pada b e r b a g a i isu strategis nasional, khususnya yang tertuang dalam Program Prioritas Penelitian Nasional dan juga Rencana Pembangunan Jangka menengah (RPJMD) di Provinsi Kalimantan Timur. Dengan demikian RIPPkM Fahutan ini merupakan suatu pedoman yang diharapkan mampu menjadi acuan dalam pelaksanaan penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan memiliki kekhususan/kekhasan (unique selling point) dari Fahutan UNMUL. Kekhasan yang dimaksud adalah penelitian dalam bidang keilmuan kehutanan yang dilandasi pada nilai-nilai keadilan, kemanusiaan dan keberlanjutan sehingga terwujud masyarakat yang sesuai dengan misi Universitas.

Hibah Akademik

  • Penelitian
  • Pengabdian Masyarakat
  • Artikel Ilmiah
  • Buku
  • HAKI
  • Paten
  • Biaya Pendidikan
  • Laporan Akhir

PENELITIAN

Pengabdian Kepada Masyarakat

Artikel Ilmiah

Buku

HAKI

Paten

Biaya Pendidikan

Biaya Pendidikan

Kepakaran Dosen

No Nama Dosen NIP Kepakaran

Kirim Pesan Kepada Kami

Thanks for sending your message! We'll get back to you shortly.

There was a problem sending your message. Please try again.

Please complete all the fields in the form before sending.

Contact Info

  • Fakultas Kehutanan Unmul
  • +62 (541) 000 000
  • hibah@fahutan.unmul.ac.id

2023 Hibah Akademik Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman