logo
Fakultas Kehutanan
Universitas Mulawarman

Berita

Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman

# Seminar
04 Sep 2023 | Admin | 348 views
Simposium International ISTFES Ketiga Tahun 2023 Sukses Terlaksana

Pada Selasa dan Rabu (29-30/08/2023) Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman telah sukses menyelenggarakan kegiatan ISTFES (International Symposium on Tropical Forestry and Environmental Sciences) yang ketiga. Simposium internasional merupakan event atau acara tahunan yang diselenggarakan guna memberikan wadah bagi civitas akademika dari disiplin ilmu kehutanan dan lingkungan untuk menampilkan hasil riset-riset terbarunya. Simposium ISTFES tahun ini bertemakan "Forest & Environment Future Challenges and Opportunities on Climate Policies and Benefits” dengan 9 sub tema yakni:

ü Commercialization of ForestProducts/Bioprospecting

ü Biomass Conversion and Renewable Energy

ü Silviculture and Ecosystem Restoration

ü Forest Conservation and Wildlife Ecology

ü Forest Policy and Climate Economic

ü People - Forest and Environment

ü Multi Business Forestry

ü Urban Forestry and  Forest Information  System

ü Blue Carbon  


Gelaran ISTFES kali ini mengundang pembicara dari  Universiti Malaysia Sabah, Prof. Dr. Phua Mui How dengan materi berjudul "Emission Reduction Potential & Estimation of Tropical Forest Carbon Stocks in Malaysia". Pembicara  lainnya adalah  Dr. Robert Nasi (Director General of Center for International Forestry Research) yang menyampaikan tema "Innovation for Sustainability in The Tropical Forestry and Agroforestry Sectors", dan Dr. Tetra Yanuardi (Project Manager, Division of Trade and Industry, ITTO) yang membawakan materi terkait "Sustainable Wood Use for a Sustainable World",
Simposium ISTFES diselenggarakan di Hotel Novotel Balikpapan Kalimtan Timur, dengan jumlah peserta yang tertarik dan mengikuti acara ini sebanyak 270 orang. 
Dengan adanya kegiatan simposium ini, diharapkan dapat memberikan sumbangsih terhadap pengembangan ilmu pendidikan di bidang kehutanan dan lingkungan terutama memberi kesempatan bagi para mahasiswa menyampaikan hasil-hasil penelitiannya dalam bentuk seminar tematik di hadapan sejawat peneliti maupun dosen yang juga menjadi peserta kegiatan ini.







Ucapan terima kasih untuk semua pihak terutama yang telah membantu dan mensponsori kegiatan simposium internasional ISTFES ketiga ini sehingga dapat terselenggaran dengan sukses. Sampai jumpa pada ISTFES keempat yang akan datang. 



Berita Lainnya